ABOUT ME

daenk

Admin “Irfan” seorang fisioterapis. Bermungkim di Tangerang.
Aktivitas sebagai Dosen, Pengurus IFI (Ikatan Fisioterapi Indonesia) Pusat, Editor pada Jurnal Fisioterapi Indonesia.

Selain sebagai pengajar, juga menjadi pembicara di berbagai kegiatan ilmiah.

Aktivitas Sehari-hari : Sebagai Pengajar pada beberapa Program studi :
– Program Studi Fisioterapi
– Program Studi Kesehatan Masyarakat
– Program Studi Ilmu Gizi
– Program Studi Keperawatan

Tempat Praktek :
EXCELLENT PHYSIOTHERAPY
Clinic, Reasearch and Physio Development

Perumahan UBUD VILLAGE, RUKO A3, Ciledug – Tangerang.
Jl, HOS Cokroaminoto, Ciledug – Tangerang
tlp. 021 957 88459

Buku yang telah diterbitkan :
 BioStatistik deskriptif  (ISBN : 978-979-96164-9-4) UIEU university press, 2008
yang dikhususkan bagi tenaga kesehatan dan fisioterapi.

Fisioterapi Bagi Insan Stroke  (ISBN : 978-979-756-651-7, Graha Ilmu , 2010)

14 thoughts on “ABOUT ME

  1. ayawjeweltz berkata:

    Assalamualaikum…
    pak, saya Ayu, mahasiswi bimbingan bapak di Pekanbaru. saya sdg mencari referensi utk skripsi saya, ternyata ketemu ini. Semoga bapak sekeluarga sukses selalu! terimakasih pak. wassalam.

  2. dear pak irfan, alhamdulillah Allah SWT memberikan petunjuk dengan saya menemukan blog milik bapak ini.Dimana saya seorang stroke survivor selama 1 tahun ini. Alhamdulillah saya sudah bisa mandiri, jalan sendiri dgn alat antu tongkat dan kalau dirumah sudah berani melepasnya. cuma yang masih jadi PR adalah jari2 tangan kiri saya belum mau digerakan untuk membuka dan tangan yang cenderung menekuk ketika berjalan. saya membaca komentar bapak untuk melatih jari dengan melatih pergelangan tangan yang insya allah akan saya praktekan setiap hari. adakah bapak bisa membantu hal yang harus saya lakukan untuk melawan kecenderungan menekuk pada lengan saya.apabila bpk berkenan memberikan petunjuk latihan yang harus saya lakukan, sekiranya bpk bisa berkorespodensi dengan saya melalui email di dieboe007@gmail.com.semoga bapak selalu sehat dan bisa memberi banyak manfaat untuk seluruh manusia teruama yang membutuhkan pengetahuan fisioterapi. Terima kasih.wassallam.

  3. dhaenkpedro berkata:

    @die boe terimakasih atas komentar yang diberikan. secara garis besar, gangguan pergerakan pada jari-jari tangan umumnya terkait dengan rendahnya aktivitas dan stabilitas bahu serta pergelangan tangan. Masalah lain yang sering ditemukan adalah, pasien melakukan penguluran berlebihan pada jari tangan sehingga sendi pada punggung tangan dan jari tangan (metacarpophalangeal) mengalami hipermobility / Instability. Soalusi memperbanyak gerakan pada bahu dan belikat serta gerakan pergelangan tangan kearah ekstensi (kearah punggung tangan) dengan menggenggam benda berbentuk silinder. Sehingga aktivitas pergelangan tangan seperti memegang gas sepeda motor. Perkembangan jari tangan seiring perkembangan pergelangan tangan.

    Selanjutnya mengenai gerakan pada lengan yang mengikuti gerakan pada kaki saat berjalan disebut reaksi asosiasi. Latihan yang rutin pada bahu dan belikat akan mengurangi gangguan tersebut. Selain itu, perlu peningkatan pergerakan pada panggul, karena rendahnya stabilitas panggul memicu reaksi asosiasi pada lengan. Lakukan latihan dengan posisi berdiri dengan menumpu pada lutut, Lakukan pergerakan pada panggul dan tingkatkan keseimbangan. Lakukan dengan beralaskan bantal atau benda lainnya yang lebih lunak agar lutut tidak sakit. Perlu diingat, perkembangan sangat ditentukan oleh frekuensi pengulangan latihan di dilakukan. Krn semua bentuk terapi pada bapak, bersifat relearning atau pembelajaran kembali. SElain itu, saran yang kami berikan bersifat umum, untuk lebih spesifik temui fisioterapis yang kompeten untuk mendapatkan anjuran dan model latihan yang paling tepat sesuai kondisi bapak dan hasil pemeriksaan. terimakasih

  4. assalamu’alaikum,,pak irfan saya jeni mhsswa keperawatan univ.sumatera utara. saya sdng meneliti tentang perbandingan efektifitas skala nyeri face pain rating scale dan verbal rating scale untuk mengukur nyeri pada anak usia prasekolah dan sekolah. jadi saya bingung untuk cara pengukuran dengan mnggunakan verbal rating scale.apakah hanya dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang nyeri atau ada instrumen bakunya.
    saya memohon sangat bantuan bapak. wassalam.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s