Perkembangan Postur

Postur selama trimester pertama setelah kelahiran

Postur fleksi penuh pada bayi baru lahir sudah diketahui dengan baik. Bentuk fleksi dari badan terlihat dalam posisi tengkurap dan terlentang dan ketika bayi didudukan. Pola tipikal dari postur bayi baru lahir memperlihatkan awal tungkai yang simetris dalam trimester pertama. Kedua ektremitas atas dan bawah dengan dengan tubuh ketika bayi terlentang atau tengkurap. Dalam posisi terngkurap fleksi dari panggul dan badan menahan iliacus anterior terangkat dan memertahankan permukaan. Kepala secara nyata pada umumnya miring ke satu sisi dengan dagu tersuport ketika bayi dalam posisi terlentang dan tengkurap.

Ketika bayi dalam posisi duduk, bentuk kepala jatuh kedepan tapi dagu tetap diata dada. Pinggang terputar dan bahu tampak dekat dengan dada dalam posisi fleksi. Bayi tidak dapat mempertahakan keseimbangan dan perlu suport untuk menjaga keseimbangannya.

Ketika dicoba berdiri bayi menerima beban tubuh dan meluruskan tungkai, badan dan kepala. Bayi tidak dapat mengontrol posisi berdirinya sendiri. Support external  juga dibutuhkan untuk keseimbangan dari postur. Menjelang akhir trimester pertama, ketika bayi diamati dalam posisi terlentang , tungkai atas umumnya menunjukan keadaan asimetris. Seringnya satu tungkai abduksi dan fleksi sedang yang lainnya dalam posis ekstensi dan adbuksi. Walaupun panggul dan lutut fleksi kaki umumnya istirahat dalam posisi tersangga. Dalam posisi tengkurap, bayi akan perlahan- lahan meluruskan tungkainya. Secara bertahap kepala akan diangkat dan kedua bahu dibawa kebawah dada, elevasi dari upper trunk. Posisi yang dikenal sebagai prone on elbows menjadi keadaan umum ketika bayi memasuki trimester kedua.

Postur selama trimester kedua setelah lahir

Dalam posisi tengkurap pada trimester kedua postur on elbows secara bertahap berubah ke posisi up on hands posture dan selanjutnya posisi hands-and-knee posture. Bayi secara aktif mendorong dengan kedua tungkai, mengangkat dada, dari permukaan. Tampak ektensi yang bermakna dari cervical dan thoracal, dan bayi bias menahan posisi dada yang terangkat dalam waktu yang relatif lama. Ekstensi spinal mulai meliputi regio lumbal, lordosis lumbal membawa spina iliaca anterior rileks dalam kontak dengan permukaan. Perubahan bertahap ini dari ekstensi spinal dari cervical sampai lumbal adalah salah satu tanda dari perkembangan postur yang normal. Karakteristik ini dari perubahan bertahap dalam peningkatan postur vertical. Pertama kepala terangkat dan lurus, dan dengan muka vertical dan mulut horizontal; lalu dada diangkat dari permukaan menjadi lebih sering. Panggul akan mengarah ke fleksi dan membawa paha ke bawah badan. Perut bayi dan crista iliaca elevasi. Keseimbangan dari hands-and-knee posture dipelajari secara bertahap ketika bayi memcoba untuk tengkurap. Ini tidak terjadi sampai trimester ketiga dan bayi secara konsisten dana menjaga posisi hands-and-knee posture. Dalam waktu yang tidak terlalu lama anak belajar mengontril posisi badan dan sevar bertahap mulai untuk merangkak denga tangan dan lutut.

 

Selama trimester kedua bayi mulai mencoba untuk duduk sendiri. Bila didudukan oleh orang tua sebagai perangsang bayi dalam posisi duduk yang pertama bayi mempelajari posisi vertical dengan mengontrol badan depan. Orang tua membantu umumnya pada sisi anterior yaitu pada dada bayi. Cervical dan pinggang di jaga dalam posisi ekstensi. Bahu dalam posisi menjaga tubuh, dalam abduksi dan eksternal rotasi, perlahan-lahan gerakan menahan dalam lebar abduksi dan ekstensi, dengan pergelangan tangan dorsi fleksi dan jari-jari tertekuk. Duduk sendiri yang pertama adalah dengan menyangga tubuh bayi dengan tangan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s