Pelatihan Multi komponen bagi Usia Lanjut

tmj
Banyak yang menganggap perkembangan fungsional di usia lanjut sudah tidak terjadi lagi. Sehingga kebanyakan program bagi lansia adalah melakukan upaya pemeliharaan dalam rangka menekan laju penurunan kemampuan fungsionalnya.
Penelitian yang dilakukan oleh  Mikel Izquierdo-Redín, seorang Profesor  Physiotherapy di University of Navarre menunjukkan hasil yang berbeda bahwa setelah dilakukan program pelatihan khusus selama 12 minggu, maka terjadi peningkatan kekuatan, dan massa otot termasuk peningkatan kecepatan berjalan, penurunan angka kejadian kecelakaan karena jatuh, dan peningkatan keseimbangan pada lansia diatas 90 tahun. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di Journal Age of the American Ageing Association.

Penelitian melibatkan 24 orang dengan usia antara 91 samai 96 tahun. 11 orang dari mereka sebagai kelompok eksperimen dan 13 lainnya sebagai kelompok kontrol. Program pelatihan dilakukan selama 2 kali seminggu selama 12 minggu. Program latihan dirancang dengan khusus mengkombinasikan antara pelatihan kekuatan dan keseimbangan.

 

Dengan penuaan, kapasitas fungsional dari neuromuskular, kardiovaskular dan sistem pernapasan secara progresif mulai berkurang, dan ini menyebabkan peningkatan risiko kerapuhan. Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu faktor fundamental yang memberikan kontribusi untuk hilangnya massa otot dan kapasitas fungsional.

 

“Dari sudut pandang praktis,” kata Prof Izquierdo, “hasil penelitian menunjukkan pentingnya menerapkan program latihan padalansia, latihan untuk mengembangkan kekuatan otot, keseimbangan dan berjalan.” Dalam pandangannya, “itu akan bermanfaat untuk menerapkan latihan jenis ini antara orang tua rentan untuk mencegah dampak dari penuaan, meningkatkan kesejahteraan mereka dan membantu mereka untuk beradaptasi dengan masyarakat di mana mereka tinggal.”

Sumber : http://www.news-medical.net/news/20130927/Multicomponent-training-improves-strength-power-and-muscle-mass-in-people-over-90.aspx

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s