Neck Stability

Gerakan pada manusia sangat unik. Setiap gerakan memiliki pola tertentu dengan dukungan bentuk sendi, arah serabut otot dan komponen-komponen pendukung lainnya.

Setiap gerakan pada manusia ditentukan oleh letak stabilitasnya. Maksud dari pernyataan tersebut adalah tubuh manusia akan membentuk stabilitas sebelum anggota gerak lainnya melakukan suatu tugas atau kerja. Sebagai contoh gerakan pada lengan terjadi setelah otot-otot stabilitas postur aktif terlebih dahulu, hal tersebut dikatakan sebagai (anticipatory mechanism). Dengan demikian untuk mendapatkan suatu gerakan yang efisien, terarah dan terkendali dengan baik, maka yang dibutuhkan adalah sutu aksi stabilitas yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan gerak yang ingin dilakukan  pada anggota gerak manusia.

Stabilitas pada leher akan memberikan kemudahan dalam melakukan inisiasi gerak baik pada lengan maupun pada tungkai. Dengan kestabilan yang baik pada leher akan mengurangi resistensi gerak pada lengan dan tungkai.

Mengapa banyak pemain sepakbola memiliki kelincahan yang berbeda ?, apakah karena otot pada kaki ? paha ? atau pinggang semata ? Coba perhatikan gambar berikut ini…

1025604_10201363067181794_1799908529_o

Dari gambar tersebut, dapat terlihat bagaimana perbedaan neck stability pada atlit tersbut.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s